Penderita Diabetes Melitus Berpuasa, Boleh Nggak Ya…?!

Pertengahan September 2007 ini atau sekitar tanggal 12 atau 13 September, Insya Allah awal mulainya bulan suci Ramadhan 1428 H. Sebulan penuh ummat Islam diwajibkan berpuasa, sejak terbit fajar (Shubuh) hingga terbenamnya matahari (Maghrib). Kewajiban ini memang ada pengecualian, diantaranya bagi orang yang berpergian (musafir), uzur, dan sakit.

  1. Lalu bagaimana dengan penderita diabetes, apakah termasuk dalam kategori yang dikecualikan tersebut…? Atau singkatnya: bolehkah penderita diabetes berpuasa ?
  2. Apa manfaat puasa bagi penderita diabetes…?

Pertanyaan-pertanyaan diatas mengusik saya karena saya masih punya utang puasa yang ingin saya tebus sebelum masuknya Ramadhan tahun ini. Rasa ingin tahu mendorong saya melakukan “googling” mencari jawabannya. Hasilnya sbb:

Lanjutkan Membaca…

2 Komentar

  1. sweetpee said

    Kemarin saya berpuasa, sebelum sahur gula darah saya 137 mg/dl. Diatas ambang normal untuk gula darah sewaktu. Seharian berpuasa, ada rasa-rasa ngantuk tapi Alhamdulillah badan tetap fit hingga Maghrib.

    Sebelum buka puasa, kembali saya ukur gula darah dan hasilnya 98 mg/dl. Alhamdulillah normal. Seharian berpuasa ternyata bisa menormalkan kadar gula saya. Paling tidak satu manfaatnya terasa.

  2. […] 17th, 2007 by sweetpee Pada postingan yang lalu: “Penderita Diabetes Melitus Berpuasa, Boleh nggak ya ?” masih ada satu pertanyaan menggantung, yaitu apa ada manfaat puasa untuk kesehatan, khususnya bagi […]

RSS feed for comments on this post

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: